Senin , 17 Juni 2024
Home / BENGKAYANG / Polres Bengkayang gelar Pelatihan Jurnalistik bagi Personil

Polres Bengkayang gelar Pelatihan Jurnalistik bagi Personil

Jurnalis TVRI biro Bengkayang sedang memberikan Pelatihan Jurnalistik bagi Personil Polres Bengkayang, Selasa (26/7).

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Sebanyak dua puluh peserta dari perwakilan seluruh Polsek se-Kecamatan mengikuti pelatihan peningkatan kemampuan menulis berita yang diselenggarakan oleh Polres Bengkayang, Selasa pagi, di Mapolres Bengkayang.

Pelatihan penulisan berita atau jurnalistik pada sejumlah personil Polres Bengkayang tersebut untuk meningkatkan kemampuan personil Polres Bengkayang dalam membuat berita atau pun rilis berita. Pelatihan diberikan oleh instruktur dari Kepala Biro TVRI Bengkayang, yaitu Mujidi.

Dalam pelatihan tersebut, juga dibuka dan dipimpin oleh Kapolres Bengkayang,
Kegiatan peningkatan kemampuan, AKBP Bayu Suseno. Ia menyampaikan, Polsek-polsek di setiap kecamatan di Kabupaten Bengkayang harus aktif menulis dan mempublikasikan berita di website resmi Polres maupun di sosial media milik Polres Bengkayang.

Hal tersebut dikatakan AKBP Bayu bertujuan untuk memberikan edukasi serta informasi yang telah dilakukan oleh aparat kepolisian setempat, untuk dapat dibaca oleh masyarakat.

“Kita imbau setiap Polsek harus aktif mengirim berita dan mempublikasikan berita melalui Humas Polres,”pesan Kapolres Bayu.

Kapolres juga menegaskan, jumlah yang harus dikirim setiap Polsek yang telah ditugaskan minimal tiga berita setiap harinya, pada setiap agenda ataupun tugas kepolisian dilapangan.

“Paling tidak tiga berita setiap harinya, dan dikirim ke Humas Polres. Nanti saya cek,” tegas Kapolres.

Kapolres Bayu mengharapkan, disetiap Polsek yang ada di Kabupaten Bengkayang setelah mengikuti pelatihan dasar ini, nantinya dapat mengelola sebuah berita yang baik dan benar sesuai dengan kaidah jurnalistik. Selain itu, nantinya Personil di setiap Polsek juga dapat mengupdate berita, baik lewat laporan maupun bentuk anskah berita yang sudah dikemas dengan baik, menarik dan mudah di mengerti oleh masyarakat.

“Pentingnya berita tersebut agar masyarakat dapat mengetahui apapun informasi yang ada di Polres Bengkayang. Kita harap nantinya dapat dilakukan dengan baik oleh Personil Polsek,” pungkasnya.

Sementara itu, sebagai narasumber, Mujidi yang merupakan Kabiro TVRI Bengkayang mengaku antusias dan apresiasi langkah awal pihak kepolisian dalam keterbukaan informasi pada masyarakat. Langkah awal yang baik tersebut diharap nantinya memberikan dampak baik bagi masyarakat maupun lembaga.

Mantan Reporter Tribun Pontianak ini pun berharap, pihak kepolisian wilayah Bengkayang untuk bisa melatih menulis berita lebih baik sehingga nantinya dapat menyajikan informasi yang jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat, tentu dak lepas dari kaidah jurnalistik.

“Ini langkah yang baik, artinya pentingnya memahami kerja Jurnalis dan tata penulisan yang baik (Jurnalistik). Kita tadi belajar teknik penulisan bagi pemula ya, buat berita di kepolisian seperti apa, lebih ke straight news, juga 5W +1H,” ucapnya. (Titi).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinkes Sanggau Klaim Periode 2022-2023 Persentase Stunting Turun Hampir 10 Persen

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Menekan angka stunting menjadi salah satu target Pemerintah Kabupaten Sanggau. Optimis angka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *