Rabu , 24 April 2024
Home / BENGKAYANG / Banyak OPD di Bengkayang Penyerapan Anggarannya di bawah 50 persen

Banyak OPD di Bengkayang Penyerapan Anggarannya di bawah 50 persen

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bengkayang mendorong agar pemerintah daerah, melalui Dinas terkait untuk melakukan penyerapan anggaran secara maksimal. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Fransiskus, usai menerima Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah tahun anggaran 2021.

Dalam LKPJ Bupati tersebut, ada beberapa OPD yang serapan anggaran dan capaian pelaksanaan program dan kegiatan pada urusan wajib masih rendah, atau berada di bawah 50 persen dan atau sangat kurang baik.

Berkaitan dengan hal itu lah, Fransiskus meminta agar Pemda segera melakukan evaluasi dan kajian terhadap kendala dan hambatan yang terjadi. Ia juga meminta agar Bupati perlu melakukan pembinaan dan teguran kepada OPD terkait penyerapan anggaran yang kurang maksimal.

“DPRD dalam hal ini memberikan beberapa rekomendasi dan catatan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif, efisien, akuntabilitas, transparan dan partisipatif,” ucap Fran.

Lanjut Fran, catatan dan rekomendasi DPRD juga bagian dari tugas Legislatif sebagai fungsi penganggaran, pengawasan dan legislasi. Ia juga meminta agar beberapa OPD yang kedapatan penyerapan anggaran masih rendah, untuk bisa ditingkatkan di tahun 2022 ini.

“Berdasarkan laporan pertanggungjawaban kepala daerah tahun 2021, ada beberapa OPD dengan serapan anggaran masih rendah. Nah kami DPRD sebagai fungsi penganggaran, fungi pengawasan dan fungsi legislasi mendorong dan ingatkan terus agar penyerapan jauh lebih baik di tahun 2022 ini,” ucap Fran.

Ia juga meminta kepada Kepala Daerah untuk terus memberikan motivasi bagi setiap OPD agar dapat melakukan penyerapan anggaran dengan baik. Tentunya yang dapat pula memberikan dampak positif bagi pembangunan dan masyarakat Bengkayang.

“Jika penyerapan anggaran baik, tentu daerah juga dinilai lebih baik dalam penyerapan anggaran. Artinya ada manfaatnya bagi pelayanan masyarakat juga,” ujarnya.

Ia berharap, di tahun 2022 ini penyerapan anggaran dana penyelenggaraan pemerintahan jauh lebih baik. DPRD sendiri akan terus melakukan pengawasan demi Bengkayang yang Mantap. (Titi).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Christi Tentodi Raih Juara I Sayembara Video Klip Mars Kota Sanggau

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Sejak pertama kali dinyanyikan pada hari jadi ke 401 Kota Sanggau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *