Sabtu , 22 Juni 2024
Home / NEWS / Tahun 2021, Perolehan Baznas Sanggau Capai Rp 1,2 Miliar

Tahun 2021, Perolehan Baznas Sanggau Capai Rp 1,2 Miliar

Foto—Rakor UPZ BAZNAS Kabupaten Sanggau—ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menargetkan perolehan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) pada tahun 2022 mencapai Rp 1,5 miliar. Untuk memaksimalkan penerimaan tersebut, Baznas Sanggau telah menggelar pertemuan dengan 30 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) se-Kabupaten Sanggau.

“Tahun 2021 target ZIS Rp 1,2 miliar dan tercapai. Tahun ini kami targetkan Rp 1,5 miliar. Kami juga telah menggelar rakor (rapat koordinasi) dengan UPZ pada tanggal 11 April kemarin. Untuk itu, kami berharap agar UPZ dapat bergerak dan mensosialisasikan pentingnya zakat untuk kemaslahatan umat, pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi,” kata Wakil Ketua Baznas Kabupaten Sanggau, Indra, Selasa (12/4/2022).

Ia menyebut, Rakor ini sangat penting untuk membangun komuniasi antar UPZ guna memaksimalkan peran dan fungsi UPZ sebagai ujung tombak pengumpulan dana ZIS. “UPZ merupakan perpanjangan tangan Baznas dalam menjaring muzakki dan mustahiq di lingkungannya,” ujar Indra.

Dalam Rakor tersebut, pihaknya lebih menekankan tertib administrasi dalam pelaporan agar data yang disampaikan valid dan akurat. “Sebagai acuan, tahun ini besaran nisab zakat mal pendapatan dan jasa sesuai SK Baznas Nomor 14/2021 adalah 85 gram emas atau jika disetahunkan setara Rp 79.738.415 atau Rp 6.644.868 per bulan. Artinya jika seseorang mempunyai penghasilan minimal Rp 6.644.868, maka kepadanya telah wajib zakat 2,5 persen,” terang Indra.

Ia menambahkan, UPZ merupakan salah satu struktur bentukan Baznas yang kepengurusannya di SK-kan oleh Baznas Kabupaten sesuai perundangan yang berlaku. “Pentingnya menggerakkan UPZ dalam upaya pencapaian target penerimaan Baznas. UPZ tidak hanya bekerja di bulan Ramadan, akan tetapi harus aktif setiap hari kerja,” tutupnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin-Erani Rayakan Idul Adha Dengan Festival Takbir Keliling

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Pasangan KREN (Karolin-Erani) yang merupakan bakal calon (bacalon) Bupati dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *