Sabtu , 4 Mei 2024
Home / NEWS / Utamakan Pencegahan, Kajari Sanggau: Kalau Masih Ngeyel, Hukum Tetap Ditegakkan

Utamakan Pencegahan, Kajari Sanggau: Kalau Masih Ngeyel, Hukum Tetap Ditegakkan

Foto— Kepala Kejaksaan Negeri, Anton Rudiyanto

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sanggau Anton Rudiyanto menegaskan bahwa pihaknya lebih mengupayakan pencegahan daripada penindakan kasus-kasus korupsi.

“Penegakan hukum tetap kita laksanakan tapi pencegahan juga lebih penting. Jadi kami akan menggandeng SKPD untuk mengupayakan pencegahan korupsi,” kata Kajari, Anton Rudiyanto usai coffe morning dengan sejumlah awak media di Kejaksaan Negeri Sanggau, Jumat (11/03/2022).

Anton menambahkan bahwa upaya penegakan hukum adalah upaya terakhir yang akan Ia lakukan ketika upaya pencegahan tidak diindahkan.

“Kalau mereka nanti masih bandel, ngeyel, tidak mau dikasih tahu untuk baik ya, hukum harus kita tegakkan. Yang jelas penegakan hukum langkah terakhir yang akan kita lakukan,” terangnya.

Apakah Kejaksaan Negeri Sanggau memiliki target penanganan perkara?

“Kalau target harusanya tidak ada. Kalau ada pasti kita laksanakan. Kalau bilang target seolah-olah kita mau mengkriminaliaasi suatu hal. Artinya gini, tujuan kita itu bukan menargerkan sesuatu jadi perkara. Tidak! Tetapi memperbaiki keadaan lebih baik,” ungkapmya.

Anton menambahkan Kejaksaan ditugaskan negara memperbaiki kondisi hukum di masyarakat. Bukan sebatas penindakan tapi juga pencegahan.

“Saya juga berharap Kejaksaan ini nantinya dikenal masyarakat, menjadi rumah masyarakat. Jadi tumpuan masyarakat di bidang hukum. Dulu mungkin persepsi orang Kejaksaan itu harus dihargai harus ditakuti, tapi sekarang tidak lagi seperti itu karena zaman sekarang adalah zamannya keterbukaan. Kami juga membutuhkan peran kawan-kawan pers,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Terima Penghargaan, Pj Bupati Sanggau: Motivasi Memberikan Pelayanan Terbaik

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pemerintah Kabupaten Sanggau kembali meraih prestasi. Kali ini dalam pembmangunan terbaik tingkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *