Selasa , 16 April 2024
Home / NEWS / ‘Kelas Fiksi’ Raih Golden Award di Ajang Budara Short Film Festival #1 Tahun 2021

‘Kelas Fiksi’ Raih Golden Award di Ajang Budara Short Film Festival #1 Tahun 2021

Foto—-‘Kelas Fiksi’ di ajang Bundara Short Film Festival #1 Tahun 2021

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Ajang Bundara Short Film Festival #1 Tahun 2021 yang digelar Komunitas Sineas Muda Sanggau (SINESA) tingkat Provinsi Kalbar telah resmi berakhir.

Di ajang tersebut, SZ Production asal Kabupaten Ketapang berhasil meraih Bundara Golden Award, dengan film berjdul ‘Kelas Fiksi’ yang berdurasi 15 menit 40 detik.

Juru Bicara Bundara Short Film Festival #1 Tahun 2021, Aabaliya Alqadri mengatakan, ‘Kelas Fiksi’ menceritakan tentang seorang guru yang mengajak murid-muridnya melakukan eksperiman pikiran dimana mereka membahas budaya sehari-hari.

“Para murid berusaha memahami petuah-petuah orang tua jaman dulu lewat sebuah reka adegan dalam kepala mereka,” kata Baliya, sapaan Aabaliya Alqadri.

Untuk Bundara Silver Award diraih Orang Hulu Production asal Sekadau dengan judul film ‘Bubu Keramat’, berdurasi 11 menit. Sedangkan Budara Bronze Award diraih KiliKulu Films asal Sanggau dengan judul ‘Jarak(nya)’ yang berdurasi 15 menit.

“Kategori terakhir yaitu Budara Choice Award diraih asal Singkawang dengan judul ‘Besamsam’ yang diproduksi WB Short Movie dan berdurasi 8 menit 4 detik,” tambah Baliya.

Masing-masing nominasi mendapatkan plakat, piagam penghargaan dan uang pembinaan senilai Rp 6.5 juta, Rp 5.5 juta, Rp 4.5 juta dan Rp 2.5 Juta. Selain nominator, peserta lain juga akan mendapatkan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi dalam partisipasinya mengikuti ajang ini.

Baliya mengatakan, Festival Film Pendek ini merupakan kali pertama yang digelar tingkat Provinsi Kalbar, yang difasilitasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau Bidang Kebudayaan kepada komunitas pelaku film pendek.

Ia berharap tahun-tahun berikutnya kegiatan serupa dapat dilaksanakan dan difasilitasi kembali oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau.

“Hal ini merupakan salah satu ajang positif untuk meningkatkan minat dan mengasah kemampuan pelaku-pelaku seni khususnya dalam bidang perfilman di Kalimantan Barat,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Safari Ramadan di Desa Tanjung Merpati

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pj. Bupati Sanggau, Suherman mengunjungi masjid Nurul Islam di Desa Tanjung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *