Selasa , 21 Mei 2024
Home / NEWS / Supardi: Sudah Saatnya Sanggau Miliki Rumah Rehab

Supardi: Sudah Saatnya Sanggau Miliki Rumah Rehab

Foto– Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sanggau. Supardi.

 

SANGGAU. Kabupaten Sanggau menjadi salah jalur pelintasan yang sangat rawan peredaran narkoba. Mengingat Kabupaten Sanggau memiliki jalur perbatasan yang kerap menjadi pintu masuk barang-barang ilegal, termasuk narkoba.

“Kalau berdasarkan data Satnarkoba Polres Sanggau yang saya terima, mulai 2018 sampai dengan Oktober 2020, angka kasusnya cukup tinggi. Tahun 2018 terjadi 82 kasus dengan dengan 97 tersangka, 2019 ada 63 kasus dengan 66 tersangka dan Oktober 2020 ada 39 kasus dengan 49 tersangka. Di tahun 2020, barang bukti yang berhasil diamankan mencapai 20,4 Kg. Tentu ini jumlah yang fantastis,” ungkap Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sanggau Supardi kepada wartawan, Senin (26/10/2020).

Ia menyebut, Pemda tidak boleh lepas tangan terhadap pecandu narkotika. Apalagi para pecandu tersebut adalah anak-anak muda yang rata-rata juga menjadi korban.

“Kalau pengedar si saya tidak begitu memikirkannya, tapi yang memang perlu kita pikirkan itu anak-anak muda kita yang menjadi korban para pengedar dan bandar. Sudah saatnya kita memiliki rumah rehab sendiri sehingga mempermudah kita melakukan pemuliham terhadap korban berdasarkan asesmen instansi terkait,” ujarnya.

Politisi senior itu mengaku prihatin mengingat peredaran narkoba di Sanggsu sudah sangat masif yang tidak hanya menyasar wilayah perkotaan saja tetapi wilayah perdesaan. Korbannya bukan hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak dan pelajar.

“Kalau kita tidak perkuat sistem penanganan narkotika itu dari sekarang, maka akan banyak lagi generasi muda kita yang menjadi korban. Sudah seharusnya sarana dan prasarana penanganan narkotika di Sanggau ini kita dirikan, semisal rumah singgah, SDM yang mumpuni dalam penanganannya dan infrastruktur pendukung lainnya,” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Sekda Kapuas Hulu. Mohd Zaini

Sekda Kapuas Hulu Hadiri Rakor di Kemendagri

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Mohd Zaini Menghadiri rapat koordinasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *