Selasa , 18 Juni 2024
Home / NEWS / RSUD Temenggung Gergaji Belum Miliki Dokter Spesialis

RSUD Temenggung Gergaji Belum Miliki Dokter Spesialis

Foto—Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting

 

SANGGAU. Keberadaan dokter di Kabupaten Sanggau ternyata masih sangat minim. Terutama dokter spesialis. Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Ginting, bahkan menyebut Rumah Sakit Temenggung Gergaji di Kecamatan Balai Karangan masih belum memiliki satupun dokter spesialis.

“Untuk pelayanan rujukan, kita juga punya RS Temenggung Gergaji yang sampai saat ini belum ada dokter spesialisnya,” katanya usai melepas 25 dokter intership yang sudah habis masa baktinya di Kabupaten Sanggau, Kamis (3/9/2020).

Sebagai pelayanan rujukan, lanjut Ginting, seharusnya minimal ada empat spesialis dasar yang harus ada yaitu: penyakit dalam, kandungan, anak, dan bedah.

“Ini sudah juga kita usulkan melalui Kementerian Kesehatan melalui BKPSDM. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak begitu lama bisa terealisasi. Karena kita juga menyiapkan biaya kendaraan, rumah dinas, insentifnya sudah kita siapkan. Mudah-mudahan kita diberilah formasi itu.

Sedangkan untuk dokter umum, Ginting mengatakan, saat ini hanya ada 28 orang di Kabupaten Sanggau. Sementara kebutuhannya 38 orang. “Itu minimal. Itu untuk pelayanan dasar,” sebutnya.

Pemkab Sanggau pun berupaya untuk mengantisipasi kekurangan tersebut melalui prekrutan dokter tenaga kontrak, program dokter nusantara sehat, serta pengajuan formasi dari ASN.

“Harapan kita dokter yang sudah menjalani intership ini, sudah mengenal Kabupaten Sanggau, mereka juga bersedia bekerja sebagai dokter di Kabupaten Sanggau ini,” pungkas Ginting. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinkes Sanggau Klaim Periode 2022-2023 Persentase Stunting Turun Hampir 10 Persen

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Menekan angka stunting menjadi salah satu target Pemerintah Kabupaten Sanggau. Optimis angka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *