Selasa , 16 Juli 2024
Home / NEWS / PDI Perjuangan Kalbar Serahkan 50 Tangki Air ke Rumah-rumah Ibadah dan Ponpes

PDI Perjuangan Kalbar Serahkan 50 Tangki Air ke Rumah-rumah Ibadah dan Ponpes

 

KALIMANTAN TODAY, KUBU RAYA–PDI Perjuangan Kalbar menyerahkan 50 unit tangki air ke Masjid, Gereja, Vihara, Pura, dan Kelenteng, serta Pondok Pesantren (Ponpes) se-Kalbar.

“Rumah-rumah ibadah yang jemaahnya ramai. Begitu pula Ponpes, dipilih yang santrinya paling ramai,” kata Sujiwo, Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar, di Sekretariatnya, Rabu (08/04/2020).

Bantuan tangki air ke Rumah-rumah Ibadah dan Ponpes di tengah pandemi global Coronavirus 2019 (Covid-19) dirasa sangat tepat. Apalagi terdapat Ponpes yang memilih tidak memulangkan santrinya.

Sujiwo mengaku setuju dengan kebijakan Ponpes yang tidak memulangkan santrinya tersebut. “Ini justru lebih aman. Namun, dengan catatan Pimpinan Ponpes harus benar-benar mengisolasi wilayah pondoknya, jangan sampai ada santrinya yang terinfeksi Covid-19,” katanya.

Ketika ada kunjungan dari luar, lanjut Sujiwo, pastikan yang bersangkutan tidak terinfeksi Covid-19, serta harus mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Fasilitasnya berupa tangki air sudah dibagikan PDI Perjuangan.

Setelah berakhirnya pandemi Covid-19 ini, kata Sujiwo, umat yang beribadah dan santri pun dapat memanfaatkan tangki air tersebut untuk mencuci tangan, supaya terhindari dari virus lain, kuman atau bakteri yang membahayakan kesehatan.

“Insya Allah tangki air yang kita salurkan tetap bermanfaat, tinggal pengurus rumah ibadah atau Ponpes yang diharapkan mewajibkan cuci tangan kepada santrinya,” ucap Sujiwo.

Penyaluran tangki air ke rumah-rumah ibadah dan Ponpes ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan PDI Perjuangan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Sejak gencar membagikan tangki air untuk cuci tangan, kata Sujiwo, banyak yang mengajukan permintaan kepada PDI Perjuangan. Baik dari organisasi sosial, kelompok masyarakat atau lembaga lain.

Kendati belum dapat memenuhi semua permintaan tersebut, Wakil Bupati Kubu Raya ini cukup gembira. Karena hal itu menunjukkan masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Mudah-mudahan kesadaran ini tetap terawat sampai berakhirnya pandemi Covid-19,” harap Sujiwo.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Nahdlatul Athfal Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, M Warisi mengucapkan terima kasih kepada DPD PDI Perjuangan Kalbar atas bantuan tangki air.

Ketua Forum Komunikasi Pimpinan Pondok Pesantren (FKPP) Kubu Raya ini mengungkapkan, di Kubu Raya terdapat 65 Ponpes. “Tetapi karena jumlah tangki airnya terbatas, kami hanya mengajukan 30 unit,” kata Warisi.

Selain Warisi yang menyambut baik sumbangan PDI Perjuangan Kalbar tersebut, Arifin Alapan yang merupakan jemaat Gereja Santo Agustinus Sungai Raya juga mengapresiasi langkah partai banteng moncong putih ini. “Mudah-mudahan dapat mengurangi risiko penularan Covid-19,” harapnya.(dik)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Tegaskan Pengusaha Walet Wajib Bayar Pajak, Perintahkan OPD Teknis Cek Lapangan

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman menegaskan para pengusaha sarang burung walet memiliki kewajiban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *