Jumat , 19 April 2024
Home / BENGKAYANG / Polsek Ledo Budidayakan Rumput Vetiver, Rumput Pencegah Longsor

Polsek Ledo Budidayakan Rumput Vetiver, Rumput Pencegah Longsor

c64c5655-7a2b-4a15-9d91-0ac83e1489ea

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Di sela kesibukannya dalam tugas rutinitas, Kapolsek Ledo Polres Bengkayang IPTU Asep Maulana melakukan pembibitan Rumput Vetiver sebagai langkah alternatif pencegahan tanah longsor.

Pembibitan tanaman Vetiver ini baru sebagian kecil dilakukan dengan harapan bisa bermanfaat sehingga apabila nanti dampaknya cukup baik sebagai penanggulangan tanah longsor tidak menutup kemungkinan akan terus di kembangkan di sosialisasikan kepada masyarakat agar Rumput Vetiver bisa ditanam di daerah yang rawan tanah longsor.

“Sejumlah bibit tanaman vetiver saat ini masih dikembangkan lagi dengan harapan beberapa bulan kedepan sudah bisa di tanam,” kata Kapolsek Ledo Iptu Asep Maulana, Jumat (21/02/20).

Menurutnya sejumlah Daerah di Kecamatan Ledo yang dianggap sebagai lahan rawan tanah longsor menjadi sasaran penanaman dan pembibitan tanaman Vetiver.

“Berdasarkan hasil kajian para ahli Akar tanaman vetiver ini mampu mencegah tanah longsor karena akarnya yang dalam dan kuat,” ucap IPTU Asep.

Harapan kedepannya dengan semakin banyaknya pembibitan dan penanaman tanaman vetiver bisa mencegah tanah longsor.

“Untuk itu kami juga akan bekerja sama dengan pihak terkait ataupun ahlinya agar pembibitan dan penanaman vetiver bisa berhasil dan berkelanjutan”,tambahnya.

Kapolsek Ledo berharap program pembibitan yang dilakukannya ini dapat berjalan dengan maksimal dan tanaman tumbuh dengan baik.

“Kita beharap agar pembibitan ini dapat berjalan lancar dan hasilnya maksimal. Nanti bisa kita manfaatkan untuk ditanam dilokasi-lokasi yang rawan bencana lonsong sehingga longsor bisa dicegah”, tutupnya.

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *