Selasa , 25 Juni 2024
Home / NEWS / PKS Kalbar Terapkan Analisis SWOT untuk Tentukan Balon Pilkada 2020

PKS Kalbar Terapkan Analisis SWOT untuk Tentukan Balon Pilkada 2020

Arif Joni Prasetyo
Arif Joni Prasetyo

 
KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK–Tim Pemenangan Pilkada Wilayah (TPPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalbar menerapkan Analisis SWOT untuk menindaklanjuti Bakal Calon (Balon) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang direkomendasikan Tim Pemenangan Pilkada Daerah (TPPD) PKS kabupaten.

“Dalam dua pekan, TPPW akan mengeluarkan rekomendasi dan langsung diserahkan ke TPPP (Tim Pemenangan Pemilu Pusat),” kata Arif Joni Prasetyo, Ketua DPW PKS Kalbar, ditemui di DPRD Provinsi Kalbar, Jumat (07/02/2020).

Arif Joni menjelaskan, selama dua pekan itu, TPPW PKS Kalbar menindaklanjuti hasil rekomendasi TPPD PKS kabupaten, mulai dari pemanggilan Balon dan klarifikasi hingga Analisis SWOT.

Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats).

Analisis ini seringkali digunakan dalam dunia bisnis dan lainnya, tidak terkecuali dalam politik untuk meraih kemenangan dalam Pilkada.

Dari 7 kabupaten di Provinsi Kalbar yang menyelenggarakan Pilkada 2020, ungkap Arifnl Joni, baru TPPD PKS Ketapang yang sudah merekomendasikan Balon yang akan diusungnya.

TPPW PKS Kalbar pun sudah menindaklanjuti dan menyampaikannya ke TPPP PKS. “Sedang proses di Pusat. Kita tunggu dalam satu atau dua pekan ini, Pusat akan mengeluarkan SK-nya,” ungkap Arif Joni.

Sedangkan dari TPPD PKS kabupaten lainnya, lanjut Arif Joni, masih belum menyampaikan rekomendasinya ke TPPW PKS Kalbar, seperti Sintang, Melawi, Sekadau, Kapuas Hulu, dan Bengkayang.

Sementara untuk TPPW PKS Sambas, kata Arif Joni, pekan-pekan ini seyogianya sudah menetapkan Pasangan Balon yang akan diusungnya pada Pilkada Sambas.

“Selanjutnya, pada pekan kedua Februari giliran TPPW PKS Kalbar menindaklanjuti. Olehkarenanya, TPPD PKS harus segera menyelesaikan penetapan pasangan mana yang direkomendasikannya,” ingat Arif Joni.

Ia berharapkan semua TPPD PKS yang daerahnya menggelar Pilkada Serentak 2020, dapat menyelesaikan tugas penjaringannya dalam waktu dekat ini.(dik)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kejaksaan Negeri Sanggau Sembelih Dua Ekor Sapi, Kajari: Bentuk Rasa Syukur

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penyembelihan hewan kurban juga dilakukan Keluarga besar Kejaksaan Negeri Sanggau pada momen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *