Jumat , 23 Februari 2024
Home / BENGKAYANG / Bukan Pendaftaran, Nasdem Siap Jadi Partai Pengusung

Bukan Pendaftaran, Nasdem Siap Jadi Partai Pengusung

67FF7C01-EFA4-4258-832F-8C2063BD9C42

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasional Demokrat (DPD NasDem) Kabupaten Bengkayang membuka pendaftaran Calon Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Serentak yang akan di gelar pada tahun 2020 mendatang. Pembukaan tersebut berdasarkan Peraturan Organisasi atau PO Nomor: 006-PO/DPP-NasDem/XI/2019 yang sekaligus juga menjadi panduan Partai NasDem dalan menjaring, menetapkan dan mengusung calon Kepala Daerah (Kada) Kabupaten Bengkayang.

Sekretaris Jenderal DPD Partai Nasdem Kabupaten Bengkayang, Ayandi mengatakan membukaan pendaftaran dibuka mulai tanggal 23 September sampai pada tanggal 23 Oktober 2019. Partai Nasdem juga membuka pendaftaran pada siapa saja yang berminat dan memiliki jiwa pemimpin untuk berkompetisi dan meramaikan pilkada tahun 2020.
“Siapa saja boleh mendaftar, kadar non kader. Nanti partai akan menjaring mana yang terbaik, dan memiliki track record bagus. Tentu partai akan memperjuangkan dan memberikan rekomendasi. Maka dari itu, kita membuka pendaftaran selama satu bulan,” ujarnya Ayandi saat Konferensi pers di Sekretariat partai NasDem, Senin (23/9).
Ayandi menegaskan secara serentak Partai NasDem membuka pendaftaran Calon Kepala Daerah baik Gubernur, Bupati maupun Wali Kota di Seluruh Indonesia.

“Hal itu tertuang dalam Peraturan Organisasi Partai NasDem Nomor : 006-PO/DPP-NasDem/IX/2019 Tentang Tata Cara Penjaringan, Verifikasi dan Penetapan Bakal Calon Kepala Daerah Dan/Atau Wakil Kepala Daerah Tahun 2020,” ujarnya.

Seperti terdapat pada pasal 7 ayat 1 Bahwa Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP Partai NasDem mengumumkan secara terbuka di media cetak, elektronik, dan out of home (media luar ruang) mengenai dimulainya pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah dari Partai NasDem.

“Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah sebagaimana dimaksud pada pasal (1) dilaksanakan masing masing di kantor DPD, DPW, DPP Partai NasDem,” ucap Ayandi.
Ketua OKK Partai NasDem Kabupaten Bengkayang Sarina mengatakan pembukaan pendaftaran tersebut diberikan kepada kader-kader terbaik dan putra-putri terbaik kabupaten Bengkayang, untuk meramaikan pilkada Bengkayang dengan konsep membawa Bengkayang lebih baik.
“Kami memberikan peluang seluas-luasnya kepada Putra dan Putri terbaik kabupaten Bengkayang untuk mendaftar di Partai NasDem. Banyak hal yang menjadi pemikiran Partai Nasdem dimana NasDem tidak akan diam. DPP Perintahkan walau tidak ada kader yang mencalon baik untuk Bupati dan Wakil, tapi kami tetap menjadi partai pengusung bagi putra-putri terbaik Bengkayang,” ucap legislator perempuan NasDem ini.
Sosok yang diusung, kata Sarina harus mumpuni dari semua sisi dan pastinya disukai dan menjadi pilihan terbaik masyarakat di Kabupaten Bengkayang.

“Finansial juga harus mendukung, sehingga mengesapi hal-hal yang tidak kita tahu kedepannya,” ucap Sarina.
Sementara itu, Ketua Ketua DPD Partai MasDem Kabupaten Bengkayang Johanes Antonius Dopong menyatakan, Kalbar akan ada 7 Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada tahun 2020 dan Kabupaten Bengkayang adalah salah satu Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada.
Untuk itu Partai NasDem dengan jumlah perolehan kursi 4 (Empat) di DPRD Kabupatrn Bengkayang memang hasil Pemilu Tahun 2019 belum bisa mengusung calon Kada sendiri, untuk itu Partai NasDem akan berkoalisi dengan Partai lain yang mempunyai platform yang sama dengan Partai NasDem.
“Nah, tahapan pertama yang akan di lakukan adalah dengan melakukan penjaringan bakal calon Kada yang mana dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Maka Partai NasDem akan membuka penjaringan. Pada penjaringan kali ini, beberapa persyaratan khusus adalah kami akan melihat figur-figur yang memiliki popularitas, elektabilitas, Aksebilitas serta elektabilitas yang baik, serta memiliki kompetensi dan komitmen memajukan Kabupaten Bengkayang dan juga berkomitmen dengan perjuangan Partai NasDem,” ucapnya.
Kemudian yang bersangkutan siap melaksanakan survey elektabilitas dalam pencalonannya.
“Tentunya DPD Partai NasDem Kabupaten Bengkayang sangat ingin calon yang kami usung memiliki komitmen dan karya nyata terhadap Kabupaten Bengkayang serta mampu membangun relasi yang baik denga Partai pengusungnya,”tutupnya. (Titi).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Sanggau Minta ASN Netral dan Tidak Golput

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Bupati Sanggau, Yohanes Ontot meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *