Sabtu , 22 Juni 2024
Home / BENGKAYANG / Polri, TNI dan Masyarakat di Bengkayang Sholat Istisqa

Polri, TNI dan Masyarakat di Bengkayang Sholat Istisqa

a4543a7c-92ba-48e3-9161-b10503f03590

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Ratusan jemaah memadati masjid Agung Syuhada Bengkayang untuk melaksanakan Sholat Istisqa atau sholat meminta hujan, Rabu (18/9).

Jemaah terdiri dari Polri, TNI, Kejaksaan, Tokoh Agama dan masyarakat serta umat muslim yang berada di Kecamatan Bengkayang.

Sholat Istisqa juga diikuti oleh Wakapolres Bengkayang Kompol H. Adiono Dwi Waluyo, Pabung Dandim 1202 Singkawang Mayor Sartono, Personil TNI kompi 645 Gardatama Yuda, seluruh personil Polres Bengkayang.

Sholat dipimpin oleh bapak Fatkhan Rofiq yang dalam khutbahnya bahwa datangnya musibah yang diberikan allah dikarenakan dosa yang kita perbuat.

“Adapun perintah ketika kita ditimpa musibah atau bencana yaitu sabar dan sholat, sholat yang kita lakukan pada hari ini merupakan tuntunan dari Nabi Muhammad SAW, apabila kita kena bencana maka dengan sholat istisqa dan istiqfar mohon ampun kepada Allah SWT,” katanya.

Sementara itu, Wakapolres Bengkayang Kompol H. Adiono Dwi Waluyo mengatakan bahwa Sholat Istisqa ini merupakan bentuk ikhtiar atau upaya segera di turunkan hujan oleh Allah SWT untuk mengurangi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Semoga Allah segera mengabulkan doa kita sehingga hujan bisa segera turun dan kabut asap karhutla bisa berkurang dan hilang,” ucap Kompol Adiono.

Kompol Adiono menambahkan bahwa kegiatan Sholat Istisqa pada hari ini serentak dilaksanakan di polsek-polsek jajaran Polres Bengkayang dengan melibatkan TNI, Pemuka Agama, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat.

“Kami juga perintahkan untuk polsek jajaran melaksanakan sholat istisqa dengan mengajak seluruh masyarakat bersama-sama memohon doa kepada allah,” ucapnya.

Wakapolres Bengkayang juga menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan dan menggunakan masker apabila beraktivitas di luar.

Terpisah. Sholat Istisqa juga di lakukan di Mesjid Raya Rahmatullah Monterado, yang dihadiri oleh personil Polsek Monterado dan puluhan masyarakat.

Kemarau panjang yang terjadi di wilayah Kabupaten Bengkayang termasuk Kecamatan Monterado memberikan dampak pada masyarakat.

Mulai dari kesulitan mendapatkan air bersih, rusaknya sejumlah jenis tanaman, hingga kabut asap hasil Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Menanggapi hal tersebut, Polsek Monterado dan para Tokoh-tokoh muslim serta puluhan masyarakat muslim menggelar Sholat Istisqa di Mesjid Raya Rahmatullah desa Monterado yang bertujuan memohon diturunkannya hujan oleh Allah SWT.

Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, saat di konfirmasi mengungkapkan bahwa kegiatan Sholat Istisqa ini dilakukan serentak oleh jajaran Polres Bengkayang bersama-sama dengan masyarakat muslim.

“Kami semua berharap hujan secukupnya segera dikaruniai oleh Allah SWT, agar kekeringan dan kabut asap yang melanda masyarakat saat ini dapat teratasi,” ungkap IPTU Rismanto Ginting.

Dipimpin oleh imam Sholat Istisqa Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Monterado Gustian, SHi, Sholat Istisqa yang dilakukan oleh personil muslim Polsek Monterado, TNI dari Koramil Samalantan, Tokoh Muslim Kecamatan Monterado, bersama masyarakat berlangsung khusyuk, sejumlah doa dipanjatkan kepada Allah SWT usai Sholat. (Titi).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin-Erani Rayakan Idul Adha Dengan Festival Takbir Keliling

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Pasangan KREN (Karolin-Erani) yang merupakan bakal calon (bacalon) Bupati dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *