Senin , 17 Juni 2024
Home / NEWS / Saat Kebakaran, Warga Jangan Bergerombol Dilokasi Kejadian

Saat Kebakaran, Warga Jangan Bergerombol Dilokasi Kejadian

Kapolsek Pemangkat, Kompol Bagio
Kapolsek Pemangkat, Kompol Bagio

KALIMANTAN TODAY, SAMBAS – Pengamanan lokasi kabakaran di Jalan Nusantara, oleh anggota Polsek Pemangkat, dilakukan selama 7 x 24 jam. Itu kata Kapolsek Pemangkat, Kompol Bagio, atas permintaan dari para korban yang rukonya habis terbakar.

“Pengamanan ini dilakukan agar tidak terjadi penjarahan dari orang lain karena masih banyak barang barang atau harta korban yang tertimbun dan belum dibersihkan,” ujarnya Rabu (4/9).

Pengamanan selama seminggu ini terang Bagio, biar barang barang korban kebakaran ini dapat dievakuasi sampai selesai batas waktu. Ia juga akan mempidanakan, siapapun yang menjarah barang barang milik korban.

Ia pun menambahkan, dalam kebakaran itu satu orang atas nama Bong kit Pin alias Apin dinyatakan tewas terpanggang.

“Kita masih dalami, apakah korban sendiri sebagai pelakunya ataukah ada pelaku lain terkait kebakaran itu. Apalagi, asal mula api memang dari kediaman korban,” paparnya.

Tambahnya lagi, pihaknya masih mengumpulkan bukti buki dan saksi saksi yang mengarah pada siapa pelakunya.

Dugaan sementara hasil dari keterangan beberapa saksi, termasuk keluarga korban sendiri dan anak anaknya, kata Kompol Bagio menyatakan bahwa dalam satu bulan terakhir, korban seperti ada gangguan jiwa.

“Korban pernah terucap bahwa ia akan bunuh diri dengan cara membakar. Hal ini juga dikuatkan dari keterangan anak dan istri korban serta saksi luar,” imbuhnya.

Sementara untuk total jumlah kerugian korban kebakaran, Kompol Bagio mengaku belum bisa menjelaskan lebih lanjut 18 ruko yang terbakar tersebut.

“Itu yang masih kita hitung, namun untuk total riil kerugian belum bisa kita hitung,” aku dia.

Ia juga mengingatkan masyarakat, agar tidak berkerumun dilokasi kejadian kebakaran. Sebab, hal tersebut sangat menyulitkan mobil pemadam untuk masuk ke lokasi guna memadamkan api.

Apabila ada kejadian serupa, berilah peluang pada pemadam kebakaran jangan bergerombol sehingga menghambat evakuasi atau kendaraan kebakaran masuk memadamkan api.

“Berilah petugas ruang untuk mengamankan dan memadamkan api agar tidak menjalar kebangunan lain,” pinta dia. (jon)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinkes Sanggau Klaim Periode 2022-2023 Persentase Stunting Turun Hampir 10 Persen

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Menekan angka stunting menjadi salah satu target Pemerintah Kabupaten Sanggau. Optimis angka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *