Jumat , 19 April 2024
Home / NEWS / Lepas Peserta Pawai Takruf, PH: Ingat, Sanggau Kita Molah-nya, Bukan Orang Lain

Lepas Peserta Pawai Takruf, PH: Ingat, Sanggau Kita Molah-nya, Bukan Orang Lain

Foto--Bupati Didampingi Kapolres, Dandim 1204/Sgu, Ketua Umum PHBI melepas peserta pawai takruf 1441 H di halaman kantor Pemda Sanggau, Minggu (1/9)
Foto–Bupati Didampingi Kapolres, Dandim 1204/Sgu, Ketua Umum PHBI melepas peserta pawai takruf 1441 H di halaman kantor Pemda Sanggau, Minggu (1/9)

 
KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Ribuan peserta mengikuti pawai takruf keliling Kota Sanggau dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H, Minggu (1/9) pagi. Acara yang digagas Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau itu dilepas Bupati Sanggau Paolus Hadi.

Hadir pula Kapolres Sanggau AKBP. Imam Riyadi, Dandim 1204/Sanggau Letkol. Inf. Gede Setiawan, Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau yang diwakili Kasubag BIN, Endah Budiansyah, Ketua umum PHBI Kabupaten Sanggau, Hadi Sudibjo, Kepala Kantor Kementerian Agama Sanggau yang diwakili Kabag TU, H. Ahmad Saukani, tokoh ormas Islam, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Sanggau.

Sebelum melepas pawai takruf, PH, sapaan akrab Paolus Hadi menyampaikan harapannya agar di tahun baru ini setiap muslim sungguh-sungguh hijrah dari hal-hal yang kurang berkenan menjadi manusia-manusia yang semakin baik iman dan takwanya kepada Allah SWT.

“Mengevaluasi diri dan merenungkan apa yang sudah dilakukan di tahun 1440 H yang lalu. Sejauhmana saudara-saudara melaksanakan iman itu, karena kata hijriah yang artinya perpindahan dari tahun sebelumnya ke tahun ini dapat membawa perubahan menuju perbaikan iman dan takwa kepada Allah SWT. Itu doa saya kepada saudara-saudara,” ucap PH.

Dengan modal imam dan takwa yang dimiliki masyarakat Sanggau ini, sambung PH, tentu akan membawa kebaikan juga bagi Kabupaten Sanggau.

“Dengan iman dan takwa yang kuat kita bisa menjadikan Kabupaten Sanggau ini menjadi lebih baik karena kebersamaan dan dengan penuh kedamaian. Semoga ke depan rasa kebersamaan ini terus kita jaga dan kita ciptakan kedamaian secara bersama-sama, terutama kepada generasi muda agar bisa lebih cerdas,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Pemkab Sanggau itu juga mengapresiasi kinerja PHBI Kabupaten Sanggau yang dinilai sukses dan sangat aktif dalam melaksanakan kegiatan keagamaan. Bupati pun mengaku senang antar umat beragama di Kabupaten Sanggau bisa rukun dan damai.

“Ingat Sangggau ini kita ‘molah’nya (kita buat.red), bukan orang lain. Kita orang sanggau harus satu hati untuk Sanggau yang kita cintai,” pungkasnya.

Senada diungkapkan Kapolres Sanggau, AKBP. Imam Riyadi. Ia mengajak seluruh muslim bersatu padu melaksanakan kegiatan keagamaan. Begitu juga dengan tahun baru nasional. Diharapkan bisa dilaksanakan dengan kegiatan yang bermanfaat dengan menampilkan kegiatan-kegiatan ibadah, bukan dengan hura-hura seperti kebut – kebutan di jalan.

“Saya yakin di tahun baru nasional nanti semua umat melaksanakannya, tapi harus dengan kegiatan yang bermanfaat,” kata Kapolres.

Diinformasikan pula, bahwa tepat dihari yang sama dengan kegiatan PHBI tetapi di jam yang berbeda akan dilaksanakan pawai bulan bakti kitab suci yang diselenggarakan umat Katolik.

“Mereka juga berkumpul di halaman Pemda ini untuk merayakan bulan bakti kitab suci. Inilah bentuk keberagaman di daerah kita yang harus kita pertahankan,” ujarnya.

Ketua umum PHBI Kabupaten Sanggau Hadi Sudibjo dalam sambutannya membeberkan rangkaian kegiatan memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H yang digelar PHBI Kabupaten Sanggau yaitu: pawai takruf yang dilaksanakan Minggu, peringatan tahun baru Islam 1441 H yang bekerjasama dengan pengurus Masjid Jami’ Sultan Ayub lingkungan kantu’ Sanggau yang juga merupakan puncak kegiatan 1 Muharram 1441 H yang dilaksanakan pada Minggu (1/9) malam di halaman Masjid Jami’ Sultan Ayub lingkungan Kantu’.

“Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang diadakan PHBI Kabupaten Sanggau sebagai salah satu upaya merealisasikan seven brand image Pemkab Sanggau yang salah satu pointnya adalah berbudaya dan beriman guna menuju Sanggau maju dan terdepan,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *