Selasa , 5 Maret 2024
Home / LANDAK / Karolin Dukung Program CSR Perusahaan Majukan Kwalitas Pendidikan di Landak

Karolin Dukung Program CSR Perusahaan Majukan Kwalitas Pendidikan di Landak

6FDD84AB-0ED4-4F80-A5EC-86EF690D8344

 
KALIMANTAN TODAY, LANDAK- Pemerintah Daerah Kabupaten Landak mengaku medukung penuh program yang ditawarkan oleh pihak perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Landak dalam membantu Pemerintah Daerah untuk memajukan kwalitas pendidikan di Kabupaten Landak.

Seperti halnya yang dilakukan oleh PT Sampoerna Agro Tbk bekerjasama dengan Sampoerna University – School Development Outreach (SU-SDO) dalam melaksanakan Lighthouse School Program (LSP) di SMA Negeri 1 Manyuke.

Lighthouse School Program (LSP) sendiri merupakan program peningkatan kualitas sekolah yang dikembangkan sejak Februari 2017 hingga Agustus 2019 atau telah memasuki masa akhir pelaksanaannya.

LSP telah melaksanakan serangkaian kegiatan inti dan penunjang untuk mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan di SMAN 1 Menyuke Kabupaten Landak.

“Dari kegiatan ini kami mengasah jiwa kepemimpinan dan kemandirian dalam melakukan kompetisi olah raga, seni dan bakti social untuk masyarakat sekitar Darit,” jelas Satrio, ketua panitia SPAC-Fest 2019 SMAN 1 Menyuke, Sabtu (31/8/2019).

Ia menambahkan bahwa kegiatan Lighthouse School Program ini merupakan ajang ekspresi dari sepuluh cabang ekstrakurikuler yang berada dalam naungan OSIS, yaitu Volly, Futsal, Vocal group, Tari dan Musik tradisional, Pramuka, Paskibra, Kelompok Ilmiah Remaja, Komunitas Pecinta Lingkungan, English Club, dan Sahabat Perpustakaan.

Dimana sejak 22 hingga 30 Agustus 2019 telah diselenggarakan kompetisi Futsal, Volly, Tari kreasi tradisional, dan Vokal Group serta bakti social berupa pembinaan kepada siswa PAUD dan SMP disekitar Darit dan pembersihan fasilitas umum.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Menyuke, Matteus Budi Santoso menuturkan, banyak hal yang telah dilakukan oleh PT Sampoerna Agro, Tbk khususnya di SMA Negeri 1 Manyuke. Selain pengembangan sumber daya manusia, tahun ini pihaknya juga mendapatkan bantuan pengeboran sumber air untuk warga sekolah.

“Kami sangat berterima kasih kepada PT Sampoerna Agro, Tbk yang telah mengucurkan banyak sekali pendanaan bagi perkembangan sekolah kami,” ujar Matteus Budi Santoso.

Training Management and Stakeholder Relationship School Development Outreach Sampoerna University, Eko Herfianto memaparkan, LSP merupakan program intensif yang memberikan perlakuan pada seluruh aspek sumber daya manusia di SMAN 1 Menyuke.

Program ini telah melaksanakan 6 kali Pelatihan Guru, 4 kali Pelatihan Manajemen Sekolah, 10 kali Coaching and Mentoring, 1 kali Pelatihan pengembangan kapasitas komite sekolah, 2 kali pelatihan pengembangan kapasitas siswa, dan 5 kali monitoring-Evaluasi program.

“LSP merasa penting untuk membantu sekolah dalam mengaktifkan kembali fasilitas sekolah. Oleh sebab itu, LSP melakukan penataan beberapa fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar seperti laboratorium IPA, ruang Bimbingan dan Konseling sera ruang Kepala Sekolah dan Ruang guru. LSP juga membantu pelestarian lingkungan sekolah dengan cara memberikan tanaman penghijauan di sekolah dan membantu sistem penyediaan air bersih bagi warga sekolah,” ujar Eko Herfianto.

Haed Area Pengembangan Landak Sampoerna Agro, Daniel Hutasoit mengatakan, LSP ini merupakan salah satu kepedulian dari Sampoerna Agro bagi masyarakat Menyuke khususnya bagi peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Landak.

“Melalui program ini kami berharap lahirnya generasi landak yang memiliki wawasan lebih maju dan mampu bersaing di dunia global,” ujar Daniel Hutasoit.

Sementara Kasi Kesiswaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Verawati mengapresiasi upaya PT. Sampoerna Agro Tbk yang telah mendanai Lighthouse School Program di SMAN 1 Menyuke.

“Salah satu peningkatan yang terlihat jelas adalah berkembangnya potensi siswa melalui organisasi sekolah dan ekstrakurikuler yang ditunjukkan melalui acara SPAC-Fest 2019,” ujar Verawati dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas.

Pada kesempatan terpisah, Bupati Landak Karolin Marget Natasa mengaku sangat mengapresiasi terhadap program CSR PT. Sampoerna Agro di Kabupaten Landak khususnya untuk peningkatan kwalitas pendidikan di SMA Negeri 1 Manyuke sebagai salah satu sasaran dari kegiatan yang dilakukan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PT. Sampoerna Agro yang telah berpartisi pada pemgembangan mutu pendidikan di Kabupaten Landak,” ujar Karolin.

Sementara disela acara tersebut, pihak penyelenggara Lighthouse School Program memberikan plakat dan prasasti Lighthouse School Program yang telah ditandatangangi oleh Bupati Landak, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Head Area Pengembangan Landak PT Sampoerna Agro, dan School Development Outreach Sampoerna University. Dengan pemberian plakat dan prasasti tersebut maka program LSP diharapkan mampu dilanjutkan secara mandiri oleh pihak SMAN 1 Menyuke.

Kegiatan serah terima program diselenggarakan sebagai bentuk penyerahan secara simbolis tampuk pengelolaan Lighthouse School Program kepada SMAN 1 Menyuke (Sab).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Sebut Zakat Pranata Keagamaan untuk Tingkatkan Keadilan dan Kesejahteraan

      KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *