Minggu , 21 April 2024
Home / NEWS / Cagar Budaya, Tak Cukup Hanya Dilestarikan

Cagar Budaya, Tak Cukup Hanya Dilestarikan

 

Mad Nawir
Mad Nawir

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK–Cagar budaya memang sudah seyogianya dilestarikan. Supaya generasi muda mengetahui berbagai ragam sejarah bangsanya yang beraneka ragam. Namun tidak cukup sampai di situ. Khasanah bangsa ini juga harus mampu menarik wisatawan.

“Selain mengedepankan pelestarian, untuk cagar budaya ini perlu juga dikembangkan sektor pariwisatanya,” kata Mad Nawir, Anggota DPRD Provinsi Kalbar kepada wartawan, Senin (29/07/2019).

Legislator Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Pontianak ini mengatakan, keharusan melestarikan cagar budaya sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda). Selanjutnya tinggal bagaimana warisan leluhur itu dikenal khalayak.

Promosi tentunya menjadi bagian penting untuk mengenalkan cagar budaya ke dunia. “Sehingga para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara tertarik untuk datang ke daerah kita,” kata Mad Nawir.

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalbar bersinergi dengan pihak lainnya terkait upaya mengenalkan cagar budaya masing-masing untuk menarik minat wisatawan.

Lantaran cagar budaya tersebut sudah mempunyai payung hukum, lanjut dia, sudah barang tentu pemerintah atau lembaga terkait lebih leluasa untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap warisan budaya dan mengeksplor potensinya.

“Kalbar kaya akan keanekaragaman budaya. Kita punya banyak sektor kearifan lokal yang bisa mendorong kemajuan daerah, salah satunya melalui sektor pariwisata,” tutup Mad Nawir.(dik)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Disperindagkop dan UM Sanggau Kembali Gelar Operasi Pasar

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Operasi pasar guna pengendalian inflasi daerah jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *