Rabu , 24 April 2024
Home / BENGKAYANG / Wah, Ratusan Koperasi di Bengkayang Tak Laksanakan RAT

Wah, Ratusan Koperasi di Bengkayang Tak Laksanakan RAT

IMG-20190130-WA0002
KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Sebanyak 189 Koperasi kredit atau Credit Union di kabupaten Bengkayang belum maksimal melakukan tugasnya sebagai koperasi. Dari data tersebut, jumlah koperasi yang aktif hanya 125 koperasi.
Plt Kepala Dinas Koperasi UMKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkayang, Heru Pujiono, mengatakan
64 koperasi yang tidak aktif, dan kemudian dari keseluruhan koperasi yang aktif, hanya 24 koperasi yang melakukan rapat anggota tahunan (RAT)  untuk tahun buku 2017.
“Itukan masih kecil. Oleh karena itu, koperasi harus melakukan RAT.  Karena RAT merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi. Sebab didalam RAT akan dibahas tentang pertanggungjawaban pengurus selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan,” jelas Heru saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (29/1).
Heru juga mengatakan,  bagi koperasi yang belum melakukan RAT tahun buku 2017, akan diberikan sanksi administrasi berupa surat peringatan.
“Kalau berturut-turut tidak melakukan RAT nanti kita akan memberikan sanksi administrasi.  Tetapi kalau belum juga dilakukan kita akan ada satgas koperasi. Mereka inilah yang akan menilai, apakah koperasi yang bersangkutan layak dibubarkan atau tidak, sesuai dengan peraturan perundangan,” ujarnya.
Memang diakuinya, peran dari koperasi sendiri belum maksimal, karena terukurnya koperasi berperan dan maksimal itu adalah koperasi melakukan RAT.
“Bagaimana bisa dikatakan maksimal, sedang RAT tidak pernah dilakukan,” pungkasnya.
Sebagai bentuk binaan  kata Heru, dari pemerintah, khususnya dinas Koperasi akan memberikan motivasi dan bimbingan teknis kepada koperasi yang tidak aktif, dan tidak melakukan RAT.
“Nanti kita juga memberikan motivasi dan bimbingan teknis. Apalagi sekarang kita terbantu oleh penyuluh koperasi lapangan, yang sudah ada anggaran langsung dari pusat. Kalau koperasi bisa tumbuh, omsetnya bisa Triliunan. Semestinya begitu, karena koperasi adalah mensejahterakan masyarakat atau anggota nya,” jelas Plt Kadis ini.
Peran dari koperasi ini sangat penting dan luas, karena dapat  membangun dan memajukan perekonomian masyarakat.
Oleh karena itu, ia berharap agar tahun ini koperasi melakukan RAT lebih meningkat.
“Harapan kita, tahun 2019 ini jumlah koperasi yang melakukan RAT lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya,” bebernya.
Heru Pujiono, juga menambahkan sebagai bentuk dari pembinaan dan perhatian pemeritah, kepada badan usaha koperasi ini, bertepatan dengan HUT Pemkab Bengkayang ke 20 akan memberikan penghargaan kepada koperasi berbaik.
“Yang pastinya sudah melakukan RAT. Dengan kategori koperasi yang baik, dan sehat. Salah satu syarat nya adalah melakukan RAT yang aktif,” cetusnya.
Sementara itu, Pengurus Koperasi Serba Usaha Borneo Sejahtera Kabupaten Bengkayang, Nugang, mengatakan pihaknya sudah melakukan RAT setiap tahun.
“Kami setiap tahun selalu RAT, dan menjalankan prinsip koperasi sebagaimana mestinya,” ujarnya.
Untuk pembinaan kata Nugang, dari  pemerintah kabupaten Bengkayang sudah sangat maksimal, apalagi dengan adanya penyuluh koperasi yang terus melakukan pembinaan. (Titi)).
Area lampiran

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dua Panderita DBD di Kabupaten Sanggau Meninggal

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sanggau kembali melonjak. Sejak Januari-Maret …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *