Minggu , 26 Mei 2024
Home / NEWS / BPBD Minta Warga Bantaran Sungai Waspada

BPBD Minta Warga Bantaran Sungai Waspada

Posko Siaga Bencana yang didirikan di daerah Penyeladi jalur Sanggau-Sekadau, oleh Polres Sanggau—ist
Posko Siaga Bencana yang didirikan di daerah Penyeladi jalur Sanggau-Sekadau, oleh Polres Sanggau—ist

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kabupaten Sanggau dalam beberapa pekan terakhir menyebabkan naiknya air sungai Sekayam dan Kapuas.Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, Bernadus Anggoi mengimbau warga yang bermukim di bantaran sungai tetap waspada terhadap banjir rob.
”Jika sudah masuk rumah, segera mengungsi ke tempat yang aman supaya terhindar dari hal seperti wabah penyakit, flu, diare dan lainya,” kata Anggoi, Jumat (28/12).
Bagi yang bermukim di lereng bukit supaya waspada terhadap longsor. Segera mengungsi jika sudah ada tanda-tanda longsor. Pun demikian dengan warga yang kirikanannya banyak pohon tinggi supaya waspada, bila sewaktu-waktu pohon tumbang akibat tertiup angin kencang.
“Kalau bisa tebanglah pohon yang dekat rumah untuk menghindari tertimpa pohon. Apabila terjadi hal-hal yang sangat penting atau terkena dampak yang tersebut segera hubungi BPBD dengan nomor kontak    081256560560 atau 082255181272,” imbaunya.

Anggoi menegaskan Posko Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Sanggau siap siaga 24 jam. “Bila diperlukan silahkan hubungi nomor tadi,” pungkasnya. 

Imbauan juga datang dari Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi. Para pengguna jalan yang melintasi wilayah Sanggau diminta tetap berhati-hatiPastikan kesehatan dalam kondisi fit.
“Kendaraan dalam kondisi baik, Patuhi rambu-rambu di jalan raya,” katanya, Jumat (28/12).
Masyarakat juga diminta berhati-hati dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabatPolres Sanggau telah menyediakan pos siaga bencana di daerah rawan longsor di Penyeladi jalur Sanggau-Sekadau. 
“Jadikan keselamatan sebagai kebutuhan. Terimakasih kepada Pemda Sanggau, Kodim 1204/Sanggau, Tagana, dan BPBD Sanggau,” pungkasnya. 

Sekretaris Komisi I DPRD Sanggau, Yeremias Marsilinus mengapresiasi jajaran Polres Sanggau, Kodim 1204/Sanggau, BPBD, Tagana dan instansi lainya yang mendirikan posko siaga bencana di jalur Sanggau Sekadau.
“Kita tahu bahwa kondisi cuaca saat ini kurang baik dan berpotensi menimbulkan bencana longsor ataupun banjir, ” katanya, Jumat (28/12).
Terlebih, jalur Sanggau Sekadau tepatnya di kawasan Penyeladi, kondisinya memang sangat rawan terjadinya bencana longsor.
Untuk itu, politisi PDI Perjuangan Sanggau itu mengimbau penggunan jalan dan masyarakat sekitar tetap selalu waspada dengan cuaca yang kurang baik saat ini. “Selalu hati-hati dan selalu siap, terutama ketika hujan deras dan angin kencang,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin dan Erani Resmi Kembalikan Berkas di Partai Hanura

  KALIMANTAN TAODAY, LANDAK – Pasangan Bakal Calon Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Wakil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *