Kamis , 7 Juli 2022
Breaking News
Home / HEADLINE NEWS / Setengah Ruas Jalan Nasional di KM 10 Sanggau Longsor

Setengah Ruas Jalan Nasional di KM 10 Sanggau Longsor

Foto—Petugas tengah menangani ruas jalan nasional di KM 10, di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar yang tergerus longsor, Jumat (11/2/2022)—Kiram Akbar

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Longsor kembali terjadi di ruas jalan nasional KM 10 Kabupaten Sanggau di Jalan Jendral Sudirman, persis dekat gerbang masuk Kota Sanggau, Kamis (10/02/2022) malam. Longsor yang disebabkan hujan deras itu ‘memakan’ setengah badan jalan sepanjang 50 meter.

Kondisi ini mengharuskan pengendara mengantre bergiliran untuk melewati ruas jalan yang longsor tersebut, karena hanya satu jalur yang bisa dilintasi kendaraan di lokasi longsor. Selain itu, satu tiang listrik di lokasi longsor juga bergeser sejauh kurang lebih 7 meter dari posisi awal, yang membuat posisi tiang listrik tersebut miring.

“Tadi pagi saya bersama Kepala Dinas BM dan SDA, Kapolsek Kapuas sudah turun ke lokasi longsor. Sepanjang titik longsor sudah dipasang police line dan tiang listrik yang miring juga sudah ditangani pihak PLN,” kata Kasi Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten Sanggau Kristian Hendro, Jumat (11/02/2022).

Pihaknya, dia bilang, akan segera memasang plang imbauan di lokasi longsor agar pengendara yang melintas di jalan tersebut dapat lebih berhati-hati. Terlebih di lokasi longsor, untuk sementara waktu pengendara hanya bisa melintas di satu jalur.

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM dan SDA) Kabupaten Sanggau John Hendri menyebut, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan PPK Satker APBN Kementerian PUPR untuk dilakukan penanganan darurat.

“Hasil komunikasi saya dengan PPK Satker APBN, hari ini sudah dimulai penanganan darurat. Kita melakukan pelebaran beram jalan untuk dibuat dua jalur. Dan hasil komunikasi kita dengan PLN, perbaikan tiang listrik juga sudah dilakukan,” ujarnya.

Penanganan jangka panjang, lanjut John Hendri, segera dibangun permanen mengingat jalan nasional tidak boleh putus. “Terkait ini juga sudah kami koordinasikan dengan Satker APBN Kementerian PUPR,” imbuhnya.

Kepada pengendara yang akan melintas di lokasi longsor, Kapolsek Kapuas Iptu Hery Triyana mengimbau agar berhati-hati. Saat ini, diberlakukan satu jalur untuk kendaraan yang melintas di lokasi longsor tersebut.

“Apabila melewati jalan tersebut agar berhati-hati. Karena tidak menutup kemungkinan apabila terjadi hujan susulan bisa terjadi longsor lebih besar lagi,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Soal Anak Sanggau Tak Lolos PPDB, Gubernur Sutarmidji: Itu Kewenangan Pusat

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Menanggapi anak Sanggau tak lolos Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Gubernur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *