Sabtu , 25 Mei 2024
Home / NEWS / Kabid P2P Dinkes Sanggau: Hanya Butuh 8 Hari Jentik Berubah Jadi Nyamuk Dewasa

Kabid P2P Dinkes Sanggau: Hanya Butuh 8 Hari Jentik Berubah Jadi Nyamuk Dewasa

Foto—Fogging yang dilakukan petugas Puskesmas di Kabupaten Sanggau

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sanggau, Marlina menegaskan, fogging atau pengasapan tak serta-merta dapat mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD).

Ia menjelaskan, fogging hanya satu di antara upaya pencegahan dan bertujuan memberantas nyamuk-nyamuk dewasa. Bukan jentik-jentiknya.

“Seperti diketahui, hanya dibutuhkan waktu delapan hari untuk jentik nyamuk berubah menjadi nyamuk dewasa. Sehingga perlunya berbarengan dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk dan bersih-bersih lingkungan. Biasanya dalam keseharian kita yaitu: kerja bakti, baik tingkat gang, RT,RW, dusun maupun desa,” terang Marlina, Kamis (09/11/2023).

Lebih lanjut, mantan Kepala Puskesmas Tanjung Sekayam itu menegaskan, fogging tidak bisa dilakukan sembarangan. Harus berdasarkan laporan kasus DBD yang diperoleh dari Puskesmas dan Rumah Sakit, dengan pengasapan fokus lokasi dan radius tertentu.

“Sebelum pelaksanaan fogging petugas kesehatan/Puskesmas akan melakukan penyelidikan epidemologi (penyelidikan mencari sumber penularan penyakit),” imbuhnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pentas Seni Sang Suanang Sukses, Pj Bupati Sanggau Beri Apresiasi

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pentas seni Sanggar Sang Suanang yang digelar Sabtu (18/05/2024) malam di Gedung …