Senin , 20 Mei 2024
Home / LANDAK / Rayakan Robo-Robo, Karolin Sampaikan Pesan Kebudayaan Capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo

Rayakan Robo-Robo, Karolin Sampaikan Pesan Kebudayaan Capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo

Karolin Margret Natasa

 

KLAIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa bersama Penjabat (Pj) Bupati Landak dan Keluarga Besar Keraton Ismahayana Landak menghadiri perayaan robo-robo yang bertempat di Makam Lebay Rantau Dusun Pesayangan, Desa Raja, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak yang merupakan tradisi adat budaya dari masyarakat melayu Kalimantan Barat termasuk masyarakat melayu di Kabupaten Landak, rabu (13/09/23).

Karolin mengatakan bahwa perayaan robo-robo merupakan salah satu adat istiadat serta kebudayaan yang saat masih dilestarikan oleh masyarakat melayu Kabupaten Landak, namun dirinya berharap tradisi robo-robo bisa dikenalkan dan dilestarikan kepada generasi muda agar mereka tidak lupa akan sejarah dan kebudayaannya.

“Saya berharap kegiatan ini masih terus dilanjutkan dan selama ini juga selalu mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Landak. Selain dari pada itu, robo-robo ini jangan hanya kita ikuti sebagai kebiasaan tetapi juga dihayati artinya serta dijelaksakan kepada anak-anak kita tetang apa maknanya, sehingga anak-anak kita tidak buta akan sejarah,” ucap Karolin.

Karolin mengajak masyarakat ataupun budayawan untuk dapat membuat buku maupun catatan sejarah tentang perayaan robo-robo di Kota Ngabang dalam upaya memberikan pembelajaran serta mengenalkan sejarah adat istiadat dan kebudayaan kepada generasi muda.

“Dari dulu selalu Saya ingatkan untuk dapat membuat pencatatan tentang sejarah robo-robo ini serta didokumentasikan secara baik, sehingga apa yang kita sampaikan kepada anak cucu kita tidaklah salah karena sesaui dengan fakta dan kondisi yang sebenarnya. Dan mereka juga dapat memahami makna dari perayaan robo-robo ini sehingga mereka dapat meneruskan dan melestarikan adat istiadat dan kebudayaannya,” terang Karolin.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kalimantan Barat Karolin Margret Natasa sangat mendukung penuh pihak Keraton Ismahayana serta budayawan melayu dalam membuat catatan-catatan sejarah termasuk sejarah Makam Lebay Rantau Dusun Pesayangan sebagai tempat peninggalan para leluhur.

“Saya titip kepada Keluarga Besar Keraton bersama budayawan melayu di Kabupaten Landak untuk dapat membuat catatan situs sejarah Makam Lebay Rantau ini, sehingga ketika orang luar berziarah ke makam ini bisa tau sejarahnya. Mudah-mudahan jika tuhan berkenan dan masyarakat mempercayai Saya menjadi Bupati Landak lagi tahun 2024, kita akan bersama-sama membangun situs-situs sejarah yang ada di Kabupaten Landak,” ungkap Karolin.

Terakhir Karolin meminta doa restu kepada masyarakat Desa Raja untuk Calon Presiden 2024 dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo yang merupakan sosok pemimpin yang sangat peduli tehadap pelestairan budaya yang ada di Indonesia.

“Kami dari PDI Perjuangan juga punya calon presiden, mohon doa restunya untuk Bapak Ganjar Pranowo yang merupakan sosok pemimpin yang sangat peduli dengan pelestarian budaya. Beliau disetiap kesempatan berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia juga turut serta mengikuti kegiatan kebudayaan dan adat istiadat juga, serta selalu mengajak masyarakat untuk terus melestarikan kebudayaan dan adat istiadat yang sangat beragam di Indonesia ini,” tutup Karolin. (Ril)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Sis Hadiri Kebaktian Kebangunan Rohani Kristen Kapuas Hulu.

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menghadiri Kebaktian Kebangunan Rohani …