Kamis , 7 Juli 2022
Breaking News
Home / NEWS / Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kembayan, Jembatan Dusun Semayang Putus

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kembayan, Jembatan Dusun Semayang Putus

Foto–Jembatan di Dusun Semayang, Desa Semayang, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau putus akibat banjir yang menerjang wilayah tersebut sejak, Kamis (10/2/2022) dini hari tadi—ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Hujan deras kembali mengakibatkan banjir di tiga dusun di Kecamatan Kembayan, Kamis (04/02/2022) dini hari. Tiga dusun yang terkena banjir yaitu Semayang, Batu Tujuh dan Tanjung Gambir.

“Banjir terjadi sekitar pukul 04.00. Rumah yang terkena banjir di tiga dusun sekitar 250 unit. Dari jumlah ini, 122 rumah di antaranya berada di Dusun Semayang. Ketinggian banjir kalau di tengah kampung mencapai 1,5 meter,” kata Kepala Kewilayahan (Kawil) Dusun Semayang Ewaldus, Kamis (10/2/2022).

Selain merendam ratusan rumah warga, banjir tersebut juga mengakibatkan jembatan di Dusun Semayang putus terbawa arus air. Jembatan kayu dengan panjang 43 meter dan lebar 2 meter tersebut menjadi akses penting bagi warga setempat.

“Jembatan ini putus sekitar jam 09.00 tadi. Jembatan ini menghubungkan dua dusun, antara Dusun Semayang dan Dusun Tanjung Gambir. Dan dari situ juga menuju Desa Tanjung Bunga dan desa persiapan yaitu Desa Tanak,” ujar Ewaldus.

Ia berharap, Pemda Sanggau melalui dinas terkait segera menangani jembatan tersebut dan memberikan perhatian kepada warga korban banjir.

“Semoga jembatan yang menjadi ikon Semayang ini cepat ditangani. Soalnya jembatan ini semua warga Semayang aktivitas ke situ. Akses warga terputus, anak kesulitan menuju ke sekolah,” pungkas Ewaldus.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sanggau, Siron ketika dihubungi Kalimantantoday.com mengatakan banjir di Dusun Semayang masih bertahan.

“Baru dapat info dari Camat di Tajung Bunga sudah mulai surut, (Dusun) Semayang (banjir) bertahan,” ujarnya via WhatsApp, Kamis (10/02/2022). (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Soal Anak Sanggau Tak Lolos PPDB, Gubernur Sutarmidji: Itu Kewenangan Pusat

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Menanggapi anak Sanggau tak lolos Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Gubernur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *