Minggu , 16 Januari 2022
Home / NEWS / Waspada Gelombang Ketiga Covid-19, Sanggau Terapkan PPKM Level 3 Saat Natal dan Tahun Baru

Waspada Gelombang Ketiga Covid-19, Sanggau Terapkan PPKM Level 3 Saat Natal dan Tahun Baru

Foto–Paolus Hadi

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 akan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Kebijakan tersebut dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Terkait Inmendagri terbaru yang ditandatangani Mendagri Tito Karnavian pada 22 November 2021 lalu ini, Bupati Sanggau Paolus Hadi mengatakan, akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para pemangku kepentingan lainnya.

“Inmendagri ini sebagai upaya pemerintah mencegah dan menekan peningkatan kasus Covid-19 saat libur Nataru (Natal dan Tahun Baru). Artinya ini harus kita patuhi bahwa untuk libur Natal dan tahun baru diperketat kembali. Secara detail kami akan rapatkan di Satgas bagaimana pengaturan lebih lanjut,” ujar PH, Jumat (26/11/2021).

Bupati Sanggau dua periode ini meminta agar kebijakan ini tidak dijadikan beban. Karena sebelumnya (tahun 2020) masyarakat juga pernah diimbau untuk tidak mudik demi memutus rantai penularan Covid-19.

“Harapan saya ini tidak menjadi beban, karena kita sudah biasa menghadapi pola hidup baru. Memang kekhawatiran besar dari pemerintah adalah ketika perayaan Natal dan tahun baru, orang berkumpul serta kembali dari berbagai daerah. Nah ini yang diatur supaya jangan ada gelombang berikutnya Covid-19,” kata PH.

Diakui Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau ini, sejak 8 November 2021 Kabupaten Sanggau memang nol kasus konfirmasi positif Covid-19 hingga sekarang ini. Namun yang perlu dipahami masyarakat bahwa pandemi belum berakhir.

Setelah Natal dan pergantian tahun nanti, PH berharap, tidak ada masalah baru soal infeksi Covid-19 gelombang ketiga yang dikhawatirkan saat ini.

Untuk itu, Bupati mengimbau masyarakat Sanggau yang sedang berada di luar Kabupaten Sanggau untuk merayakan Natal dan tahun baru di daerah domisilinya masing-masing.

Begitu juga kepada masyarakat yang berada di Sanggau, PH meminta untuk tidak ke luar daerah.

“Saya selaku kepala daerah mohon dukungan masyarakat Sanggau, kita Natal dan rayakan tahun baru di Sanggau saja,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Polda Kalbar Ungkap 4 Kasus Prostitusi Online Anak Dibawah Umur di Pontianak

  KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK – Polda Kalimantan Barat menggelar press rilis tindak pidana prostitusi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *