Minggu , 26 Mei 2024
Home / NEWS / Tumbuhkan Minat Baca, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sanggau Gelar Lomba Cerita Rakyat

Tumbuhkan Minat Baca, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sanggau Gelar Lomba Cerita Rakyat

Foto—Pj. Bupati Sanggau, Suherman secara simbolis menempelkan nomor peserta ketika membuka acara lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kabupaten Sanggau, Rabu (15/05/2024) di aula Perpusatakaan Kabupaten Sanggau—ist

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pj. Bupati Sanggau, Suherman membuka secara resmi lomba bercerita rakyat tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) se-Kabupaten Sanggau yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau, Rabu (15/05/2024).

Acara yang diikuti 30 pelajar yang terdiri dari 23 putri dan tujuh putra itu digelar di aula gedung Perpustakaan Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya, Suherman mengapresiasi kegiatan tersebut lantaran dapat menumbuh kembangkan minat anak-anak membaca dan bercerita.

“Di samping itu kegiatan ini positif untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang bersifat agak negatif seperti main handphone, game dan bisa memanfaatkan waktu luang untuk membaca,” kata Suherman.

Sementara itu, Kepala Dinas kearsipan dan perpustakaan Kabupaten Sanggau, Sukri menyampaikan, bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya mempunyai karakter yang dibentuk melalui pola pendidikan, baik formal maupun non formal.

“Menumbuh kembangkan minat baca dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti mendongeng, bercerita dan sejenisnya,” ujar Sukri.

Menurutnya lomba bercerita yang merupakan salah satu metode yang efektif dalam pembelajaran maupun menumbuhkan minat baca anak dan memberikan pemahaman yang mudah kepada anak-anak.

“Membaca dongeng, cerita maupun sejenisnya akan menimbulkan daya tarik bagi anak-anak, sehingga sedikit demi sedikit akan menanamkan kebiasaan membaca sejak dini,” ujar Sukri. (Ram)

 

Tentang Redaksi

Cek Juga

Karolin dan Erani Resmi Kembalikan Berkas di Partai Hanura

  KALIMANTAN TAODAY, LANDAK – Pasangan Bakal Calon Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Wakil …