Rabu , 17 April 2024
Home / NEWS / Sanggau Nihil Kasus PMK, 200 Ekor Sapi di Mukok Divaksin

Sanggau Nihil Kasus PMK, 200 Ekor Sapi di Mukok Divaksin

Foto—Vaksinasi PMK terhadap ternak yang dilakukan petugas Disbunnak Sanggau di Kecamatan Mukok, Kamis (30/06/2022)—ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Kabupaten Sanggau memulai vaksinasi hewan untuk mencegah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak, Kamis (30/06/2022). Sebanyak 200 ekor sapi di Kecamatan Mukok mendapat vaksin anti PMK pada tahap pertama vaksinasi.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dadan Sumarna mengatakan vaksin disuntikkan hanya pada sapi yang sehat.

“Kita mendapat alokasi vaksin anti PMK dari Pemerintah Provinsi Kalbar sebanyak 200 dosis, dan alokasi vaksin tersebut kita peruntukkan untuk sapi yang sehat,” ujar Dadan Sumarna.

Dadan mengungkapkan, cara kerja vaksin anti PMK sama dengan dengan vaksin-vaksin lainnya, yaitu membangun imunitas tubuh hewan terhadap serangan penyakit. Karena itu, hanya sapi sehat yang belum pernah terpapar PMK yang dapat menerima vaksin tersebut.

Bila sapi sudah pernah terpapar virus penyebab PMK, kata dia, imunitas tubuh ternak untuk melawan sumber penyakit sudah terbentuk alami sehingga tidak diperlukan lagi vaksinasi.

Dadan memastikan saat ini belum ditemukan kasus PMK di Kabupaten Sanggau. Ternak sapi yang dikabarkan terinfeksi PMK beberapa pekan lalu, sekarang telah sehat. Meski begitu, imbuh Dadan, jajarannya tetap melakukan pemantauan dan pemeriksaan rutin kesehatan ternak terlebih menjelang Idul Adha ini.

“Kita juga mohon kerjasama dari peternak, bila menemukan ternaknya dalam kondisi sakit atau memiliki gejala mengarah ke PMK, seperti kukunya pecah-pecah dan mengeluarkan liur yang tidak biasa, agar segera lapor ke kami,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Safari Ramadan di Desa Tanjung Merpati

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pj. Bupati Sanggau, Suherman mengunjungi masjid Nurul Islam di Desa Tanjung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *