Jumat , 19 April 2024
Home / NEWS / Cegah Konflik, Wabup Sanggau Minta Masyarakat Jadi ‘Intel’

Cegah Konflik, Wabup Sanggau Minta Masyarakat Jadi ‘Intel’

Foto—Wabup Sanggau, Yohanes Ontot menghadiri sosialisasi kewaspadaan dini di aula kantor Camat Entikong, Rabu (15/09/2021)—ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, hadir dalam sosialisasi kewaspadaan dini daerah, Rabu (16/09/2021) di aula kantor Camat Entikong.

Sosialisasi dengan tema ‘Meningkatkan Peran Masyarakat Untuk Menjaring Informasi Dalam Upaya Cegah Dini Konflik’ itu juga dihadiri KBO Satintel Polres IPDA Gunawan Carda, Danramil ETK May. Inf. Arman Sulistiono, Plt Camat Entikong Kosmas Yul, Kepala Badan Kesbangpol Antonius, Forkopimcam, tokoh adat, tokoh pemuda serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Ontot mengatakan Kesbangpol sebagai badan dapat membantu memberikan edukasi serta sosialisasi mengenai cara pencegahan dan penjaringan informasi-informasi yang berpotensi menimbulkan konflik.

“Kita semua berharap badan atau lembaga ini dapat membantu pemerintah daerah dalam memberikan edukasi, sosialisasi mengenai informasi-informasi apa saja yg perlu disaring agar tidak menimbulkan keributan atau konflik yang fatal,” kata Yohanes Ontot.

Ia juga mengatakan tugas lembaga ini membantu pemerintah yaitu mencari, mendengar, dan memperoleh informasi yg berkembang di masyarakat. Tugas kita hari ini sebagai masyarakat adalah menjaga ketertiban daerah dengan adanya koordinasi masyarakat dengan camat, Kapolsek, Danramil, Kacabjari serta pemerintah daerah.

“Hari ini kita termasuk belajar juga bagaimana menjadi seorang intel. Berkenaan dengan itu, kita harus berkoordinasi agar semua informasi yg beredar dapat ditampung dan kita saring kembali. Bukan hanya pihak tertentu saja, tetapi masyarakat juga dapat membantu menjaga stabilitas daerah kita ini,” tegasnya

Wabup berharap masyarakat tidak terprovokasi akan informasi-informasi tak valid. Pemahaman informasi yang masuk dapat disaring terlebih dahulu agar konflik tidak terjadi.

“Saya berharap hal-hal sepele yang menimbulkan konflik ini tidak terjadi lagi. Informasi itu perlu kita saring dulu apakah benar adanya demikian. Jangan mudah terprovokasi oleh orang luar. Masyarakat juga dapat membantu Danramil, Kapolsek, Kacabjari sebagai mitra untuk menjaga ketertiban serta kemananan daerah kita ini. Mudah-mudahan dengan sosialisasi hari ini bisa kita pahami. Masyarakat dapat menjadi ‘intel’ ya. Artinya dapat menyelidiki informasi, memilah mana yang benar dan salah,” beber Ontot.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau, Antonius berharap di Kecamatan Entikong juga dapat membentuk Tim Kewaspadaan Dini Kecamatan serta Forum Kewaspadaan Dini Kecamatan Entikong.

“Sedangkan yg mewakili unsur masyarakatnya adalah FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) kabupaten sudah dibentuk dan dikukuhkan. Forum ini juga berperan penting menampung informasi,menjaring dan memberikan informasi situasi kondisi sebagai bentuk antisipadi dini mencegah konflik,” terang Antonius. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *