Sabtu , 20 April 2024
Home / NEWS / Edi Kamtono : Tes CPNS di Pontianak Berjalan Lancar

Edi Kamtono : Tes CPNS di Pontianak Berjalan Lancar

d0b93e50-f667-4e7d-b8a7-100a95a499c4

 

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan secara umum pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berjalan lancar. Tes CPNS dilaksanakan lima gelombang dalam sehari. Dari 400 formasi yang diterima, jumlah peserta tes CPNS yang lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes SKD sebanyak 4.025. “Kita berharap selama pelaksanaan tes SKD ini berjalan lancar,” ujarnya usai meninjau pelaksanaan tes CPNS di Gedung Politeknik Tonggak Equator, Senin (3/2).

Selanjutnya, peserta yang lulus akan mengikuti tahapan lanjutan, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Edi menuturkan Pemkot Pontianak setiap tahun selalu melakukan evaluasi terkait kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN). “Namun pada tahun ini pemerintah pusat hanya memberikan 400 formasi,” tuturnya.

Dari 400 formasi tersebut, sektor kesehatan dan pendidikan seperti guru menjadi yang paling besar. Saat ini jumlah ASN di Kota Pontianak berbanding 0,8 persen dari jumlah penduduk. Hal itu diakuinya masih banyak kekurangan di beberapa tempat dan berdampak pada pelayanan. “Kita mesti mencarikan berbagai cara untuk berinovasi termasuk mungkin tenaga kontrak,” sebutnya.

Edi menambahkan, setiap tahun kurang lebih ada 150 guru yang pensiun. Sedangkan setiap tahunnya jumlah murid selalu bertambah. Sehingga mengharuskan beberapa guru yang di kontrak.

Edi memastikan proses penerimaan CPNS di Kota Pontianak transparan karena sebelum proses tersebut dilaksanakan juga telah diumumkan secara terbuka di berbagai media. Proses sosialisasi juga telah dilakukan seluas-luasnya. “Proses tes juga ditangani langsung oleh BKN pusat,” imbuhnya.

Tim pelaksana CAT BKN, Betti Riana Sihaloho mengatakan, soal SKD yang diberikan bagi seluruh peserta, tingkat kesulitan dan kemudahannya sama. Namun soal antara satu peserta dengan peserta lainnya berbeda.

Dirinya menyampaikan jumlah penilaian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk tahun ini menjadi 65. Penilaian tersebut menurun jika dibandingkan dengan sebelumnya yang mencapai 75. “Kita siapkan ribuan soal, jadi setiap soal yang didapatkan tidak akan sama,” pungkasnya.

Adapun formasi CPNS di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak berjumlah total 400 formasi, terdiri dari Tenaga Pendidikan 219 (S1), Tenaga Kesehatan 57 (S1), 93 (D3) dan Tenaga Teknis 26 (S1) 5 (D3). (lukas)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *