Selasa , 16 April 2024
Home / NEWS / Rusak, Puluhan Ribu e-KTP Dibakar

Rusak, Puluhan Ribu e-KTP Dibakar

Ribuan-KTP-e-dimusnahkan-oleh-disdukcapil-disaksikan-sejumlah-pejabat-terkait-Selasa-1812-Kiram-A
Ribuan-KTP-e-dimusnahkan-oleh-disdukcapil-disaksikan-sejumlah-pejabat-terkait-Selasa,(18/12). FOTO/Ram

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sanggau pada Selasa (18/12) siang, melakukan pemusnahan 42.656 keping KTP-e yang rusak dan invalid. Pemusnahan dilakukan di halaman belakang Dinas Dukcapil Sanggau dengan cara dibakar.

Pemusnahan dipimpin Plt Kadis Dukcapil itu disaksikan pihak Polres Sanggau diwakili Kanit Tipiter, IPDA. Mujiono, Kejaksaan Negeri Sanggau diwakili staf intelejien Muhadi, Plt Kasat Pol PP Sanggau M. Sukri, Kabag Tapem Setda Sanggau Suis dan sejumlah wartawan.

Plt Kadis Dukcapil Sanggau, Niriu menyampaikanpemusnahan dilakukan sesuai perintah UU nomor 24 tahun 2013 tentang adiministrasi kependudukan yang salah satunya KTP-e. Pemusnahan tersebut juga merupakan kebijakan Mendagri agar KTP yang rusak dan invalid tidak disalahgunakan, apalagi disaat menjelang Pemilu.

Secara nasional sudah sudah dilaksanakan Mendagri pada tanggal 14 Desember 2018 pukul 14.00 dan dilakukan serentak di seluruh indonesia. Kita sedikit terlambat karena kita harus koordinasi dengan pak Bupati, Forkompimda dan instansi terkait karena ini adalah aset negara yang harus kita musnahkan, ujar dia.

Sementara itu, Bupati Sanggau yang diwakili Kabag Tapem Setda Sanggau, Suis menyampaikan menyambut baik pemusnahan ribuan keping KTP-e. Pemusnahan ribuan KTP-e sesuai intruksi Mendagri terkait situasi yang sedang betkembang di indonesia saat ini.

Suis berharap pemusnahan KTP-e dapat mencegah pemyalahgunaan KTP-e untuk kepentingan tertentu, apalagi untuk kepentingan Pemilu Pilpres dan Pileg. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Safari Ramadan di Desa Tanjung Merpati

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pj. Bupati Sanggau, Suherman mengunjungi masjid Nurul Islam di Desa Tanjung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *