Rabu , 24 April 2024
Home / NASIONAL / Gempa Aceh, 14 Masjid dan 125 Rumah Roboh

Gempa Aceh, 14 Masjid dan 125 Rumah Roboh

ejumlah warga berkumpul di luar sebuah masjid yang mengalami kerusakan akibat gempa yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12). Seperti dirilis BMKG, gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Aceh sekitar pukul 05.03 WIB. (Zian Muttaqien/AFP)
Sejumlah warga berkumpul di luar sebuah masjid yang mengalami kerusakan akibat gempa yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12). Seperti dirilis BMKG, gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Aceh sekitar pukul 05.03 WIB. (Zian Muttaqien/AFP)

ACEH – Ratusan bangunan roboh akibat gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Sejauh ini tercatat ada 125 rumah tinggal dan 14 masjid yang mengalami kerusakan.

“Sampai dengan pukul 13.10 WIB, ada 105 ruko roboh, 125 rumah, 14 masjid, 1 Rumah Sakit Umum Pidie rusak berat, dan 1 sekolah rusak berat,” ucap Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (7/12/2016).

Sutopo mengatakan gempa yang berasal dari darat itu memiliki dampak yang sangat keras. Hal itulah yang kemudian berpengaruh pada banyaknya bangunan yang roboh.

“Dengan kondisi yang sangat keras maka bangunan yang tidak didesain tahan gempa maka akan roboh, seperti faktanya di lapangan,” ujar Sutopo.

Selain itu, Sutopo juga menyampaikan data terbaru mengenai korban jiwa akibat gempa tersebut. Dia menyebut sejauh ini sudah ada 52 korban tewas dan kemungkinan akan bertambah. (news.detik.com)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Viral Ajakan Membubarkan Mahkamah Konstitusi, Ini Penjelasan Cornelis

  KALIMANTAN TODAY, JAKARTA – Ucapan Anggota Komisi II DPR-RI, Cornelis yang meminta untuk membubarkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *